Dollar naik, hampir semua produk ASUS kena imbas


Melemahnya rupiah terhadap dollar amerika yang cenderung meningkat dari hari ke hari ternyata menyisakan pukulan terhadap produk elektronik yang tidak terkecuali adalah ASUS sendiri.

ASUSClub sendiri mendapati sejumlah informasi dari ASUS Partner / Dealer yang “kewalahan” terhadap pelemahan rupiah terhadap dollar amerika ini. Sebagai contoh produk Notebook dengan harga dasar yang bisa didapatkan oleh distributor dan dealer adalah $420 dan kurs dollar adalah Rp 11.700 lalu harga di product guide ASUS adalah Rp 4.400.000. Disini para penjual dan dealer cukup kesulitan menjual produk dengan harga yang sama di product guide, jika di hitung $420 x 11.700 = Rp 4.914.000, contoh disini terjadi kenaikan diatas 10% yang dimana melebihi batas kemampuan dealer dan penjual untuk mendapatkan profit ataupun menjual produk ASUS.

Menurut pandangan ASUSClub produk yang lumayan terkena imbasnya adalah produk dengan harga diatas $150. Sejumlah merek kompetitor masih bisa kuat bertahan dengan harga rupiahnya dan mengalami peningkatan harga yang tidak besar seperti yang dimiliki ASUS.

Melihat efek ini  ASUSClub sepertinya dapat memperkirakan terjadi penurunan penjualan terhadap produk ASUS di Q3 tahun 2013 ini.  Dan sejumlah produk mungkin akan terkena delay atas kenaikan dollar amerika yang tidak terduga ini.

Posted on 4 September 2013, in Editorial. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: